Selasa, 13 September 2011

Perkembangan Software Development

Kalau bicara soal trend, tidak bisa di ramalkan. Peramalan trend dipenuhi dengan kesukaran. Dengan mengabaikan sikap hati - hati, sejak lima kepemimpinan di negeri ini. Dalam pengembangan software menawarkan apa yang mereka harapkan belum menjadi trend perkembangan Software Development di Negara ini. Banyak alasan, mulai dari regulasi yang mengekang produk production house (khususnya para programmer), ketidak tegasan pemerintah dalam memotivasi para komunitas IT dan pembangunan infrastruktur yang belum siap.
Dua tema memotong ke seberang bidang-bidang yang memanfaatkan sumber luar akan terus memberikan efek ke lebih banyak lagi orang, dan tester, manajer proyek dan analisa bisnis akan perlu mempelajari bagaimana cara menghadapi tantangan dari penyalur (distribusi). Juga, perkembangan yang cepat akan bertambah populer, sementara percobaan dan kebutuhan rancang bangun akan perlu menemukan tempat mereka di lingkungan tersebut.
Read/WriteWeb membuat sebuah artikel menarik yang berjudul “The Future of Software Development“. Pada artikel tersebut dibahas bagaimana pengembangan perangkat lunak di masa depan dengan sedikit meninjau kembali metode software development yakni waterfall dan agile. Pengembangan perangkat lunak di masa depan akan menggunakan bahasa pemrograman high level, dukungan library, dan metode agile.
Kalau ditarik lebih luas lagi, saya melihat ada kecenderungan kurangnya peminat untuk mempelajari hal-hal yang low level. Kuliah Pemrograman Sistem, Jaringan Komputer, Sistem Operasi, Organisasi dan Arsitektur Komputer jadi momok. Apakah ada faktor lain?. Apa hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman?
Metode pengembangan perangkat lunak Agile ini mungkin cocok diterapkan di Indonesia karena kegesitannya, iteratif dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang sering terjadi pada proyek perangkat lunak. Bukankan karakteristik perangkat lunak di Indonesia cenderung berubah, mulai dari proyeknya sampai kebutuhan user? . Proyek perangkat lunak memang menyebalkan, karena user atau customer dapat melakukan perubahan requirement sesukanya, apalagi di Indonesia. Pendekatan Agile ini juga kolaboratif dengan user atau customer, tapi bukankan ini yang menjadi momok para engineer perangkat lunak atau programmer?
Oleh karena itu, bahwa open source bakal sangat penting dan penggunaan bahasa high level jadi lebih penting daripada low level, untuk kepraktisan. Tapi jangan sampai kehilangan konsep dasar yang penting. Selain itu, kemampuan kita untuk mempelajari teknologi baru juga jadi penting sekali. Kita harus bisa cepat belajar dari kemajuan tekhnologi yang semakin berkembang pesat. 
 

Mengatasi Proses Booting yang Terus Berulang

Proses booting windows tidak pernah selesai dan selalu restart terus-menerus. Tentunya masalah ini sangat mengganggu sekali. Untuk itu harus ditelusuri permasalahannya. Gejala ini merupakan masalah yang sangat menyebalkan. Windows gagal startup dan akhirnya komputer selalu restart. Penyebabnya bisa macam-macam. Namun, yang paling sering menjadi biang masalah adalah ketika mencoba atau memaksakan untuk menginstall driver yang tidak cocok atau tidak kompatibel dengan hardware atau windows yang terpasang. Akibatnya windows gagal mengenali driver tersebut pada saat startup, sistemnya bermasalah (crash), dan pada akhirnya windows melakukan prosedur darurat, yaitu melakukan restart.Yang pasti selama ada masalah, siklus seperti ini akan terus berulang.
Anda dapat mencoba melepaskan diri dari siklus seperti ini dengan cara menginterupsi proses booting windows. Langkah yang perlu dilakukan adalah menekan tombol [F8] pada saat awal proses booting. Supaya yakin, anda dapat menekan tombol ini berkali-kali sampai yakin bahwa menu interupsi booting windows telah muncul. Sampai disini, anda bisa memilih baris pilihan “Disable automatic restart on system failure”. Dengan demikian, windows yang terpasang di komputer anda akan memberikan kesempatan untuk menelusuri sejumlah masalah yang mengganggu proses booting windows. 
 

Apa Itu Web Semantik ??????

Web semantik itu merupakan perkembangan dari web 3.0 yang bisa disebut sebagai evolusi dari WWW (World Wide Web), yang dicetuskan pada tahun 2002. Semantic Web didefinisikan sebagai sekumpulan teknologi, dimana memungkinkan computer memahami arti dari sebuah informasi berdasarkan metadata, yaitu informasi mengenai isi informasi (Media Iptek, 2006). Dengan adanya metadata, computer diharapkan mampu mengartikan hasil pemasukan informsi sehingga hasil pencarian menjadi lebih detail dan tepat. W3C (World Wide Web Consortium) mendefinisikan format metadata tersebut adalah Resource Description Format (RDF).

Tiap unit dari RDF adalah 3 komposisi, yaitu subject, predicate, dan object. Subject dan object adalah entitas yang ditunjukkan oleh teks (Media Iptek, 2006). Sedangkan predicate adalah komposisi yang menerangkan sudut pandang dari subject yang dijelaskan object. Hal yang paling menarik dari RDF yaitu object dapat menjadi subject yang nantinya diterangkan oleh object yang lainnya. Sehingga object atau masukan dapt diterangkan secara jelas dan detail, serta sesuai dengan keingingan pengguna yang memberikan masukan. Web semantik merujuk kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan mesin.

Web semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database. Istilah web semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan web semantik. Web semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.
Web semantik merujuk kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan mesin. Web semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database.Istilah web semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan web semantik. Web semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL. 
 

Sinopsis Film "I-ROBOT"

Film I-Robot mengisahkan tentang suatu dunia dimana semua kegiatan manusia digantikan oleh mesin. Pada tahun 2035, Robot diprogram untuk dapat hidup harmonis dengan manusia dan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menyebabkan manusia memiliki persepsi bahwa semuanya dapat dilakukan oleh sebuah mesin, sehingga apa yang bisa mereka kerjakan dapat dilakukan juga oleh sebuah robot, bahkan pekerjaan yang tidakl mungkin dilakukan oleh manusia itu sendiri karena keterbatasan dalam segi fisik manusia maka manusia cenderung membebankan semua pekerjaan pada sebuah mesin.
Dalam film ini ada sekelompok orang yang hanya menggantungkan semua pekerjaannya hanya pada sebuah mesin tanpa melihat bagaimana sebuah mesin dapat berinteraksi, namun terdapat psikolog robot yang bertugas untuk membuat robot lebih manusiawi dengan melakukan bermacam-macam interaksi sehingga sebuah mesin pun dapat memahami apa yang harus dilakukan.
Tetapi tentu saja ada pihak yang tidak terlalu puas dengan keadaan ini, yaitu seorang detektif Chicago yang menganggap bahwa dirinya juga bisa mengerjakan apa yang bisa dikerjakan oleh mesin yang pada akhir cerita dia juga baru menyadari bahwa dirinya juga sebuah mesin yang membawa manusia dapat benar hidup harmonis dengan robot tanpa ada yang saling menggantungkan keadaan.
Bagi sebagian pihak keadaan ini sangat menguntungkan dalam segi bisnis, karena semua manusia rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli sebuah robot agar pekerjaannya dapat teratasi hanya dengan sebuah mesin. Tentu uang yang dikeluarkan berbanding lurus dengan teknologi dan sistem yang dibuat, tentunya teknologi dan sistem itu nyaris mendekati sempurna sehingga sebuah mesin dapat berpikir dan berinteraksi layaknya seperti manusia. Dalam film itu terlihat karakteristik fisik mesin dan sistem yang dibuat dapat menentukan unjuk kerja (performance) dari user, karena dari bentuk robot yang seperti manusia dan sistem yang dibuat yang menjadikan robot dapat lebih manusiawi sehingga dapat mengerjakan pekerjaan manusia dengan lebih baik.
Seperti hal nya semua teknologi, pasti tidak lepas dari kegagalan dan kerusakan. Dalam film ini juga terdapat kerusakan dari sistem yang dibuat yang menyebabkan suatu robot dapat membuat program sendiri sehingga memberontak kepada manusia dan bermaksud mengambil alih kekuasaan dari manusia yang menciptakannya. Seperti sebuah virus, akhirnya semua robot terjangkiti dan menyerang. Hanya satu robot saja yang tidak terjangkiti, dia bersama seorang detektif dan psikolog robot berusaha memecahkan semua masalah dan konspirasi antar mesin yang terjadi.
Oleh karena itu dalam film ini memberikan suatu pandangan bahwa sebagai manusia yang bijak kita tidak boleh terlalu membebankan semua masalah yang ada kepada sebuah mesin, ada bagian dimana mesin tidak dapat mengerjakan sesuatu. Secanggih apa pun teknologi dan sistem yang dibuat pasti tidak lepaps dari berbagia macam kesalahan dan kegagalan. 
 

Pengenalan Linux UBUNTU

Versi Ubuntu

Berikut ini adalah sejarah ringkas Versi Ubuntu beserta Code Namenya.

a. Ubuntu 4.10 (Warty Warhog)
Ubuntu 4.10 yang di release pertama kali ini hadir pada bulan oktober 2004

b. Ubuntu 5.04 (Hoary Hedgehog)
Ubuntu 5.04 adalah release ke-dua dari ubuntu yang hadir pada bulan april 2005
yang sudah tidak disupport lagi semenjak bukan oktober 2006

c. Ubuntu 5.10 (Breezy Badger)
Ubuntu 5.10 adalah relese yang ke-tiga yang hadir pada bulan oktober 2005 yang juga telah habis masa supportnya pada bulan april 2007 lalu.

d. Ubuntu 6.06 (Dapper Drake)
Ubuntu 6.06 adalah release ke-empat yang pertama kalinya yang di support paling lama Long Term Support (LTS) yang direlease pada bulan juni 2006, versi Long Term Support (LTS) ini disupport sampai dengan 3 tahun untuk versi desktop dan 5 tahun untuk versi server.

e. Ubuntu 6.10 (Edgy Eft)
Ubuntu 6.10 adalah release ke-lima yang hadir pada bulan oktober 2006. yang telah habis masa supportnya pada bulan april 2007 lalu.

f. Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn)
Ubuntu 7.04 di release pada bulan april 2007 dan di support sampai bulan oktober 2008.

g. Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)
Ubuntu yang akan kita bahas kali ini adalah versi 7.10 yang hadir dengan Visual Effect yang sangat spektakuler, Printer yang sudah otomatis terdeteksi yang akan di support sampai bulan april 2008

h. Ubuntu 8.04 LTS (Hardy Heron)
release ke-delapan dari ubuntu yang telah hadir pada bulan april 2008 lalu adalah versi ke-dua yang menyediakan Long Term Support, Untuk Desktop akan
di support sampai bulan april 2011 dan edisi server di support sampai april 2013.

i. ubuntu 8.10 LTS (Intrepid Ibex)
Ubuntu 8.10 direlease pada bulan Oktober Tahun 2008. Masih bau baru nih, baru 2 bln yang lalu. Dengan tampilan yang lebih baik dari hardy heron, namun masih menggunakan open office 2.4 

Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi, dan Kemiskinan

Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi, dan Kemiskinan memberi petunjuk adanya suatu inheren. Tidak mustahil ketiga masalah ini akan melihat masa lampau atau masa depan yang penuh dengan ketidakpastian, dan dapat melibatkan perdebatan. Keperluan sekarang adalah pengetahuan ilmiah yang harus ditingkatkan karena pengetahuan, perbuatan, ilmu, etika akan saling bertautan satu sama lain. Semuanya itu memperlihatkan perpaduan dari pertimbangan moral ilmiah. Dalam hal ini dipertanyakan bagaimana memanfaatkan sumber daya untuk membasmi kemiskinan yang semakin meluas di Indonesia. Tekhnologi dalam penerapannya sebagi jalur utama yang dapat menyongsong masa depan yang cerah, kepercayaannya sudah mendalam. Sikap demikian adalah wajar, asalkan tetap dalam konteks penglihatan yang rasional. Sebab tekhnologi, selain mempermudah kehidupan manusia, mempunyai dampak social yang sering lebih penting artinya daripada kehebatan tekhnologi itu sendiri.
Kemiskinan merupakan permasalahan sentral bangsa Indonesia. Hal itu sudah sering di geluti dan dipecahkan oleh pemerintah agar tercipta masyarakat yang adil dan makmur. Berbicara masalah kemiskinan akan dihadapkan pada persoalan lain seperti persepsi manusia terhadap kebutuhan pokok, posisi manusia dalam lingkungan social. Dan bagaimana tekhnologi dan pengetahuan memanfaatkan sumber daya alam untuk membasmi kemiskinan. Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi, dan Kemiskinan merupakan bagian yang tidak dapat dibebaskan dan dilepaskan dari system yang berinteraksi, interelasi, interdependensi, dan ramifikasi. Dengan demikian wajarlah apabila menghadapi masalah yang kompleks ini memerlukan studi mendalam dan analisis interdisipliner kalau tidak mau mencampur adukan unsure-unsur sintesis dengan sintesisnya sendiri. 
 

MengenaL Situs WEB

Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.
Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.
Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.
Sebuah website dibuat di dalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).
Sebuah Website statik, adalah salah satu bentuk website yang isi di dalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini, mereka adalah :
1. Elemen 1 Penyunting teks. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah di dalam program editor tersebut.
2. Elemen 2 WYSIWYG editor. Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh editor ini.
3. Elemen 3 Editor yang sudah memiliki templat, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.
Sebuah website dynamic adalah website yang secara berkala, informasi di dalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung di antara dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan dengan sang user.
Ada banyak jenis sistem software yang dapat dipakai untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dynamic, beberapa di antaranya adalah ColdFusion (CFM), Active Server Pages (ASP), Java Server Pages (JSP) dan PHP, bahasa program yang mampu untuk meng-generate Dynamic Web System dan Situs Dinamis. Situs juga bisa termasuk di dalamnya berisi informasi yang diambil dari satu atau lebih database atau bisa juga menggunakan teknologi berbasis XML, contohnya adalah RSS. Isi situs yang statis juga secara periodik di generate, atau, apabila ada keadaan dimana dia butuh untuk dikembalikan kepada keadaan semula, maka dia akan di generate, hal ini untuk menghindari kinerjanya supaya tetap terjaga.
Plugin tersedia untuk menambah banyaknya feature dan kemampuan dari web browser, dimana, plugin ini dipakai untuk membuka content yang biasanya berupa cuplikan dari gambar bergerak (active content) contohnya adalah Flash, Shockwave atau applets yang ditulis dalam bahasa JAVA. Dynamic HTML juga menyediakan untuk user supaya dia bisa secara interaktif dan realtime, meng-update di web page tersebut (catatan; halaman yang diubah, tak perlu di load atau di reloaded agar perubahannya dapat dilihat), biasanya perubahan yang dilakukan mereka memakai DOM dan Javascript yang sudah tersedia pada semua Web Browser sekarang ini.
Seperti yang tertulis di atas, di luar sana ada beberapa perbedaan dalam penulisan dari terminologi website. Walaupun ¨Website¨ sudah secara umum dipakai, namun untuk Associated Press Stylebook, Reuters, Microsoft, Academia, dan kamus-kamus yang ada, penulisan yang mereka pakai adalah dengan menggunakan 2 kata, yaitu Web site. Hal ini karena ¨Web¨ bukanlah terminilogi umum, namun kependekan dari World Wide Web. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar